Menkes Blak-blakan Bullying di Kedokteran

9 bulan lalu
)
The Interview

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui secara blak-blakan bahwa pemerintah Indonesia memang tak siap ketika mula-mula menghadapi pandemi COVID-19 pada 2020. Tak ada satu pun negara di dunia, bahkan negara-negara maju, yang siap menghadapi wabah virus corona, tetapi sistem kesehatan di Indonesia jauh lebih tak siap.

Dalam wawancara eksklusif dengan VIVA pada program The Interview di Jakarta pada 20 Juli 2023, Budi Gunadi membeberkan rencana besar transformasi sistem kesehatan Indonesia terutama setelah belajar dari pengalaman buruk menghadapi pandemi COVID-19. Undang-Undang Kesehatan yang baru disahkan akan mengubah arsitektur sistem kesehatan Indonesia dari yang semula berperspektif mengobati orang sakit menjadi menjaga masyarakat tetap sehat.

Budi Gunadi juga buka-bukaan tentang hubungan polemiknya dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan praktik tercela perundungan alias bullying dalam dunia pendidikan kedokteran. Dia bertekad, dengan segala risikonya, memutus tradisi bullying dokter senior terhadap dokter muda yang telah terjadi selama puluhan tahun. (DRP-DA)