Menpora Berharap Target di SEA Games Kamboja Tidak Meleset

10 bulan lalu
)
The Interview

VIVA – Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo) mencatatkan namanya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga termuda sejak era Orde Baru, juga yang paling muda dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kader Partai Golkar itu dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai menteri saat berusia tiga puluh dua.

Segera setelah dikukuhkan, Dito dihadapkan pada tugas besar, yaitu mempersiapkan kontingen Indonesia untuk berlaga dalam SEA Games di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. Dua agenda besar olahraga berskala dunia menanti, yakni Asian Games di China pada September 2023 dan Olimpiade di Prancis pada Juli-Agustus 2024. Permasalahan pelik seputar dunia sepakbola dan ekosistem olahraga nasional juga menuntut perhatiannya untuk dibereskan.

Dalam wawancara eksklusif dengan VIVA di Jakarta pada 3 Mei 2023, Dito Ariotedjo bertekad membereskan pekerjaan-pekerjaan besar itu meski waktu yang tersedia untuknya tidak banyak karena masa jabatannya hanya sampai tahun 2024. Ambisi besarnya ialah mengembangkan industri olahraga agar lebih komersial dan reengineering Kementerian Pemuda dan Olahraga agar kementerian itu menjadi rujukan milenial dan generasi Z.