Filosofi 'Baju Kapas' Mahfud MD-Ganjar Pranowo

3 bulan lalu
)
Viva Networks News Flash

VIVA – Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melakukan konferensi pers usai debat kedua sekaligus terakhir bagi para calon wakil presiden (cawapres) diikuti, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD pada Minggu, 21 Januari 2024. Dalam kesempatan tersebut Ganjar dan Mahfud mengenakan pakaian khusus yang memiliki filosofi. "Baju yang saya pakai bersama Pak Ganjar ini merupakan aksi nyata dan harapan perempuan Indonesia untuk merawat Ibu Pertiwi kita yang sakit," ujar Mahfud mengawali cerita tentang perjalanan baju tersebut.

Pakaian mereka terbuat dari kapas yang mudah terurai secara alami dengan teknik tumpang sari tanpa menggunakan bahan kimia.

"Dibutuhkan waktu 180 hari atau enam bulan untuk tumbuh, memintal, menenun dan menjahit baju. Proses ini telah menebarkan dampak positif untuk 1.500-an kehidupan, terdiri dari petani hingga penjahit. Juga berhasil mencegah produksi 80 ton CO2 dan menggenerasi 30 hektar lahan melalui daur ulang sampah dan mengubah tanah kering menjadi agroforestri," jelasnya. (RP-R-DA)