Pantau Lereng Gunung Merapi, Ini Kata Kepala BNPB

lewat 3 tahun lalu
News

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) tidak bisa memaksa kepada warga lereng Gunung Merapi yang masih bertahan tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III untuk mengungsi di tempat pengungsian. Padahal gunung paling aktif di Indonesia itu statusnya naik ke level III atau siaga. Pantauan VIVA, sejumlah warga masih terlihat mencari rumput untuk pakan ternak sapi miliknya. Mereka mengangkut rumput itu dengan menggunakan sepeda motor. Padahal para warga itu tinggal di KRB III Gunung Merapi di Desa Balerante yang meliputi, Dusun Ngipiksari, Sambungrejo, Gondang, dan Sukorejo.

Salah satu warga Sambungrejo, Widodo, mengatakan, warga masing tenang dan bertahan di rumahnya lantaran belum melihat tanda-tanda aktivitas Gunung Merapi yang cukup signifikan. Dengan kondisi seperti itu, warga pun memutuskan tetap beraktivitas seperti hari-hari biasanya untuk mencari rumput pakan ternak.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun