Tuntut Raja Thailand, Massa Aksi Bentrok dengan Polisi

lewat 3 tahun lalu
News

VIVA – Polisi anti huru hara menyemprotkan meriam air ke ribuan pengunjuk rasa Thailand yang berbaris ke Grand Palace di Bangkok, Minggu, 8 November, untuk menuntut pembatasan kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn dan penggulingan pemerintah.

Polisi menggunakan meriam air hanya untuk kedua kalinya dalam bulan-bulan protes yang sebagian besar damai untuk menuntut demokrasi yang lebih besar dan kepergian Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, mantan pemimpin junta.

Istana Kerajaan tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Belum berkomentar sejak dimulainya protes. Tetapi raja mengatakan seminggu yang lalu bahwa para pengunjuk rasa masih dicintai dan bahwa Thailand adalah tanah kompromi, saat ia menyapa ribuan simpatisan di dekat tempat para demonstran mencapai hari Minggu.

Jurnalis Reuters memperkirakan lebih dari 10.000 pengunjuk rasa berbaris dari Monumen Demokrasi di pusat kota Bangkok. Polisi menyebutkan jumlahnya 7.000. Para pengunjuk rasa membawa kotak berisi surat untuk raja dan meninggalkannya di dekat istana dengan persetujuan polisi.

Para pengunjuk rasa berusaha untuk menempatkan raja lebih jelas di bawah konstitusi, membalikkan perubahan yang dia buat tidak lama setelah naik takhta dan tindakan yang dia lakukan untuk mengambil kendali pribadi atas kekayaan istana dan beberapa unit tentara.