Ini Dia! 11 Jembatan Ikonik Paling Kece di Indonesia

lewat 3 tahun lalu
News

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pameran dan talkshow tentang Jembatan Ikonik, di Auditorium Kementerian PUPR, mulai tanggal 7 sampai 11 September 2020.

Ada 11 jembatan ikonik yang dipamerkan salah satunya Jembatan Youtefa, Papua. Adapun 11 jembatan yang dipamerkan antara lain Jembatan Youtefa di Papua; Jembatan Merah Putih di Maluku; Jembatan Bahteramas Teluk Kendari di Sulawesi; Jembatan Tumbang Samba, Jembatan Pulau Balang.

Kemudian Jembatan Sei Alalak di Kalimantan; Jembatan Tano Ponggol di Sumatera; serta Jembatan Mangunsuko, Jembatan Turpogen, Jembatan Kali Kuto, dan Jembatan Kali Kenteng di Pulau Jawa.

Jembatan Youtefa yang baru saja diresmikan pada Oktober 2019 memiliki dua rekor dari MURI, yaitu rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Selain itu, Jembatan Turpogen dibangun dengan teknologi Judesa (jembatan untuk desa asimetris), merupakan jembatan yang dibangun secara modular untuk menangani masalah aksesibilitas masyarakat di pedesaan. Hal itu buah pemikiran para peneliti di Kementerian PUPR. #PUPR #JembatanIkonik