Mayat ABK Asal Indonesia Dibuang ke Laut dari Kapal China

lewat 4 tahun lalu
News

VIVA – Sebuah video berdurasi sekira tiga menit memperlihatkan kru kapal nelayan asal China melakukan ritual dan membuang jenazah kru kapal yang diduga berasal dari Indonesia ke laut. Video ini menjadi viral di Korea Selatan sejak 5 Mei 2020. Dilansir dari MBC News, kru kapal meminta untuk segera melaporkan kejadian ini ke pemerintah Korea saat kapal mereka tiba di Busan.

Mereka (Kru Kapal) saat ini menjalani karantina di Busan dan meminta melaporkan kejadian ini karena merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan harus segera di investigasi secara internasional. Peti mati yang dibungkus kain merah pada video terdapat jenazah Ari (24) asal Indonesia. Janji dari beberapa pelaut bahwa apabila ada kru kapal yang meninggal, seharusnya mengirim jenazah mereka pulang setelah jenazah mereka dikremasi.

Kru kapal asal Indonesia yang diwawancarai MBC News menceritakan, bahwa mayoritas pelaut asal Cina minum dari air kemasan, akan tetapi pelaut Indonesia harus minum air laut hingga mereka jatuh sakit.