Geger Penemuan Lukisan 45.000 Tahun di Gua Indonesia

lewat 3 tahun lalu
News

VIVA – Lukisan gua tertua di dunia berhasil ditemukan di pedalaman Sulawesi Selatan.Dari hasil penelitian, gambar babi liar di dinding gua ini berusia setidaknya 45.500 tahun.Lukisan ini ditemukan oleh tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (ARKENAS) bersama Griffith University, Australia.Dan penemuan ini diungkap arkeolog dalam jurnal Science Advance hari Rabu, 13 Januari 2021.

Lukisan berukuran 136 cm X 54 cm ini ditemukan Basran dan tim di dalam gua Leang Tedongnge, Maros-Singkep, Sulsel.Tampak babi hutan lengkap dengan taring yang dilukis dengan pigmen berwarna merah. Di atasnya terlihat sepasang tangan. Warna merah ini dibuat dari serpihan batu ochre yang bisa menghasilkan pigmen berwarna terang tersebut.

Hasil penelitian dinding gua, lukisan ini diperkirakan berusia 45.000 tahun atau mungkin lebih tua. Lukisan ini pun disebut jadi bagian penting dari karya seni prasejarah terutama pada Zaman Es.Pembuat lukisan disebut sudah sangat modern pada zamannya. Sudah punya kemampuan dan alat untuk buat lukisan yang mereka suka.

Lukisan ini juga bisa jadi petunjuk untuk pahami migrasi awal manusia dan misteri sejarah homo sapiens di Australia.Mari kita jaga situs bersejarah ini. Jangan rusak hanya untuk posting sosial media kalian